Proposal Rencana Bisnis Perusahaan ExaData
I. RINGKASAN EKSEKUTIF (EXECUTIVE SUMMARY)
Big data merupakan salah satu teknologi yang menjadi pilar utama dari Revolusi Industri 4.0. Big data merupakan kumpulan data yang sangat besar yang di dalamnya mencakup berbagai jenis data. Big Data telah memberikan kesempatan atau peluang bisnis bagi banyak perusahaan. Hampir semua industri telah memanfaatkan atau baru melakukan identifikasi tentang pentingnya big data dalam pertumbuhan bisnisnya atau tetap dapat bersaing bahkan menjadi unggul dalam berkompetisi.
ExaData merupakan sebuah perusahaan big data consulting yang membantu perusahaan lain untuk mengambil dan menyimpan data mentah dengan volume yang besar untuk mengubahnya lebih jauh menjadi wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk pengambilan keputusan yang tepat dan nilai bisnis yang dipercepat.
II. TUJUAN
Tujuan ExaData:
- Membangun Sistem Konsultasi Big data yang handal dan independen.
- Mencapai laba usaha yang optimal.
- Memberikan transformasi digital yang efisien dan efektif dan keunggulan layanan kepada pelanggan dan mitra bisnis dalam mencapai tujuan bisnis.
- Memberikan nilai tambah yang inovatif dengan menerapkan tata kelola yang baik terhadap perusahaan mitra bisnis.
- Meningkatkan kemajuan teknologi big data di Indonesia.
III. PERNYATAAN VISI MISI
Visi ExaData:
- Menjadi perusahaan big data consulting terbaik di dunia.
Misi ExaData:
- Memberikan layanan pengolahan dan analitik data yang cepat dan akurat pada mitra bisnis.
- Melakukan riset dan pengembangan terhadap teknologi big data.
IV. PERUSAHAAN
ExaData adalah perusahaan yang bergerak dibidang teknologi big data dengan memberikan layanan konsultasi dan analisis data mentah dengan volume besar diolah menjadi suatu wawasan yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan yang akurat demi tercapai tujuan bisnis dari pelanggan atau mitra bisnis. ExaData memberikan konsultasi dan analisis big data dengan teknologi terbaik sehingga dapat memahami arsitektur terbaik untuk setiap kasus. Pengalaman dari tim konsultasi terlatih membantu menerapkan hasil analisis dan pengolahan big data dan strategi bisnis dengan akurat, biaya rendah, efektif dan inovatif untuk kemajuan bisnis.
ExaData membantu organisasi/perusahaan menyimpan dan mengelola data besar secara hemat biaya, serta memperoleh wawasan yang dapat ditindaklanjuti dari data besar dengan mengaktifkan:
• Analisis operasional.
• Analisis pelanggan (perilaku).
• Manajemen risiko dan deteksi penipuan.
• Pelacakan dan pemantauan aset.
• Pemeliharaan prediktif.
• Optimalisasi rantai pasokan.
• Personalisasi (pemasaran yang dipersonalisasi, rekomendasi rencana perawatan yang dipersonalisasi, dll.).
V. KEPEMILIKAN PERUSAHAAN
Perusahaan ini merupakan perusahaan yang berbentuk sebuah badan usaha yang dilindungi oleh hukum dengan modal yang terdiri dari saham. Perusahaan ini didaftarkan dengan nama usaha PT. ExaData.
VI. SEJARAH PERUSAHAAN
ExaData didirikan pada tahun 2019, tepatnya di bulan April. Perusahaan ini didirikan oleh Fattah Al-Ilmi (Founder) dan Diyank Shabira (Co-Founder) yang keduanya merupakan seorang data scientist di sebuah perusahaan software ternama. Kemudian, keduanya memutuskan untuk keluar dari perusahaan software tersebut dan membangun perusahaan baru yang bernama ExaData. Tujuan awal didirikannya perusahaan ExaData ini adalah membantu perusahaan yang memiliki data yang besar untuk lebih efisien dan efektif dalam mengelola data tersebut.
VII. LOKASI DAN FASILITAS PERUSAHAAN
ExaData berada di Jalan Kemang Raya No.20 kecamatan Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Gedung ExaData merupakan bangunan permanen kantor tiga lantai milik perusahaan seluas 700m2. Fasilitas yang ada pada Gedung ExaData adalah lobby, waiting room, office room, meeting room, toilet dan fasilitas pendukung berupa cafeteria, gym room, playroom, dan mushola. Seluruh gedung dilengkapi dengan AC central. terdapat lahan parkir dan taman yang luas.
VIII. PRODUK / JASA
ExaData menawarkan layanan konsultasi jasa big data yang terdiri dari:
- Data Engineer
- Data Analyst
- Data Architect
IX. DESKRIPSI BARANG DAN JASA
Penawaran layanan big data di ExaData meliputi:
● Konsultasi Big Data
○ Implementasi solusi big data / strategi evolusi dan peta jalan.
○ Arsitektur solusi big data.
○ Pemilihan teknologi big data.
○ Manajemen kualitas big data.
○ Strategi adopsi pengguna, dll.
● Implementasi Big Data
○ Strategi implementasi solusi big data.
○ Desain arsitektur solusi big data.
○ Pengembangan solusi big data (data lake, DWH, ETL / ELT setup, big data analysis, big data reporting, dan dashboarding).
○ Pengaturan tata kelola data besar (kualitas data besar, keamanan, dll.).
○ Pemodelan prediktif dengan pelatihan dan penyiapan ML.
● Dukungan Solusi Big Data
○ Administrasi solusi big data (pembaruan dan konfigurasi ulang perangkat lunak, menambahkan pengguna baru, dll.).
○ Tata kelola big data (pembersihan data besar, keamanan, pencadangan, dan pemulihan).
○ Pemeriksaan kesehatan solusi big data.
○ Pemantauan dan pemecahan masalah kinerja solusi data besar.
● Layanan Analisis Terkelola Big Data
○ Mendapatkan data besar Anda dikumpulkan, diproses, dan disajikan dalam bentuk laporan big data yang telah ditentukan sebelumnya dan ad hoc dengan basis biaya langganan.
X. KARAKTERISTIK DAN PERBANDINGAN KOMPETITIF BARANG / JASA
Dalam membuat ekosistem big data, perusahaan ExaData menggunakan framework Apache Hadoop, dan produk Apache lainnya yang mana merupakan software open-source yang reliable, scalable, dan komputasi terdistribusi. Tentunya harga yang nanti ditawarkan akan lebih terjangkau, karena tidak perlu membeli lisensi software.
Untuk proyek anggaran rendah dan perusahaan yang tidak ingin membeli banyak mesin untuk menangani persyaratan pemrosesan data besar, produk apache seringkali menjadi pilihan.
XI. TINDAK LANJUT LAYANAN
Perusahaan ExaData menerima layanan kritik dan komplain. Perusahaan ini beroperasi pada pukul 08:00 - 16:00.
XII. ANALISIS PASAR
1. Konsumen
Sasaran Utama Konsumen adalah Lembaga dan Perusahaan Besar dan Kecil yang terus melakukan pengembangan terhadap perusahaan untuk meraih keuntungan dan kemajuan perusahaan.
2. Pesaing
Survey dilakukan dengan meninjau langsung lokasi pesaing dan informasi didapat dari orang-orang sekitar serta konsumen yang pernah menggunakan jasa perusahaan pesaing. dari data yang dikumpulkan dilakukan analisis dan mendapatkan informasi terkait kelebihan dan kekurangan pesaing.
XIII. ANALISIS INDUSTRI
Ranah solusi big data adalah perusahaan yang telah berkembang besar dan memerlukan sebuah keputusan yang tepat agar dapat menunjang pemilihan rencana strategis. Segmentasi pasar menggunakan segmentasi perilaku. Kami akan membagi konsumen berdasarkan pengetahuan, loyalitas, respon dan penggunaan konsumen terhadap jasa yang kami tawarkan.
XIV. PERAMALAN PASAR / PASAR SASARAN
Pasar sasaran kami merupakan seseorang yang memiliki pengetahuan dan kebutuhan mengenai big data sehingga orang tersebut dapat merekomendasikan jasa yang kami tawarkan kepada perusahaan tempat ia bekerja.
XV. KUNCI UNTUK SUKSES
Kami memiliki pegawai yang berkompeten sesuai bidang yang meliputi Data Engineer, Data Analyst, Data Architect. Layanan bisnis kami menyediakan laporan big data yang akurat dan dapat dijadikan landasan untuk pengambilan keputusan strategis.
XVI. STRATEGI BISNIS DAN IMPLEMENTASI
Strategi yang kami gunakan adalah dengan menggunakan teknologi terkini. Perusahaan kami berkomitmen untuk selalu mengikuti dan beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi. Semakin kompleks dan besarnya data saat ini, maka teknologi big data sangat dibutuhkan untuk melakukan analisis, proses, dan ekstrak data dengan cepat dan dapat diandalkan.
XVII. PERIKLANAN
Iklan bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan. Kami menggunakan media baliho di beberapa jalan besar sehingga menarik perhatian pelanggan. kami juga menggunakan media cetak seperti brosur, surat kabar dan majalah teknologi. kami juga melakukan endorsement pada beberapa tokoh sukses di Indonesia.
XVIII. STRATEGI PEMASARAN
Untuk meningkatkan pemasaran produk, dilakukan dengan strategi pemasaran sebagai berikut:
1. Produk
- Meningkatkan kualitas produk dari segi pelayanan serta teknologi yang dipergunakan.
- Menambah produk dan layanan baru di berbagai bidang lainnya.
2. Harga
- Menetapkan harga produk yang bervariasi (disesuaikan dengan layanan yang diberikan).
- Menetapkan harga yang kompetitif dengan produk serupa dari pesaing.
3. Promosi
- Melakukan promosi melalui website dengan UI website yang bagus sehingga dapat menarik client.
- Melakukan promosi melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter dengan menyertakan keunggulan produk.
- Melakukan promosi melalui iklan yang menarik di platform digital seperti YouTube, agar client lebih tertarik dan mudah memahami produk yang ditawarkan.
- Menawarkan uji coba (trial) produk kepada perusahaan/instansi untuk meningkatkan kepercayaan serta mendorong client agar menggunakan produk dan layanan dari ExaData.
- Menjalin kerjasama dengan perusahaan/instansi untuk meningkatkan profit.
- Mengikuti pameran produk yang berkaitan dengan teknologi.
4. Distribusi
- Pemasaran produk dilakukan melalui official website ExaData untuk menjangkau pasar yang lebih luas ataupun dengan mendatangi client jika memungkinkan.
5. Sumber Daya Manusia
- Merekrut tenaga kerja yang berpengalaman, tersertifikasi di bidangnya dan kompeten di bidang teknologi terutama yang berhubungan dengan big data.
- Meningkatkan kemampuan tenaga kerja dengan melakukan pelatihan dan workshop sesuai bidangnya agar menjadikan tenaga kerja yang lebih kompeten.
XIX. ORGANISASI
ExaData didirikan oleh dua orang yaitu Fattah Al-Ilmi sebagai Founder dan Diyank Shabira sebagai Co-Founder. ExaData memiliki lima departemen yaitu Departemen Sales and Marketing, Departemen Human Resource, Departemen IT and big data analysis, Departemen Riset and Development, dan Departemen Accounting. Kami memiliki CEO dan manajer setiap department. Kami memiliki 22 pegawai.
XX. STRUKTUR ORGANISASI
XXI. TIM MANAJEMEN
Berikut kami jelaskan daftar anggota manajemen perusahaan.
CEO : Fattah Al-Ilmi S.
Sebagai pemimpin perusahaan yang bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan untuk merencanakan, mengelola, dan menganalisis segala aktivitas fungsional bisnis seperti operasional, sumber daya manusia, keuangan, dan pemasaran perusahaan.
Manager
IT and Big Data Analyst : M. Fatoni
Bertanggung jawab melakukan pengembangan dan peningkatan sistem informasi dan teknologi dalam suatu perusahaan, bertanggung jawab dalam keseluruhan proses yang berkaitan dengan departemen IT, memastikan semua sistem IT berjalan lancar dan memutuskan solusi jika terjadi permasalahan, dan membantu client dalam mengolah dan menganalisa data untuk pengambilan keputusan perusahaan client.
Sales and Marketing : M. Luthfi Fahrizki
Membuat, merumuskan, menyusun, menetapkan konsep dan rencana umum perusahaan, mengarahkan dan memberikan kebijakan/keputusan atas segala rancang bangun dan implementasi manajemen pemasaran, penjualan dan promosi ke arah pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.
Human Resource : Iqbal Ramadhan
Bertanggung jawab atas proses rekrutmen, pelatihan dan pengembangan karyawan: mengelola gaji, pensiun, dan tunjangan serta menjaga kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan karyawan.
Riset and Development : Lania Pradita
Merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan semua aktifitas research and development untuk tujuan perbaikan dan pengembangan produk perusahaan.
Accounting : Diyank Shabira
Bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengelola departemen akuntansi dan semua bidang pelaporan keuangan serta mengelola tim akuntansi, membantu mengaudit dan menyiapkan buku besar, dan mendukung manajer lintas tim dengan prosedur keuangan.
XXII. RENCANA KEUANGAN
1. MODAL
Untuk mendirikan atau menjalankan suatu usaha diperlukan sejumlah modal (uang) dan tenaga (keahlian). Maka modal adalah suatu hal yang sangat penting dalam menjalankan suatu usaha.
Dalam hal ini kami memakai 2 sumber modal, yaitu modal pribadi dan pinjaman bank. Kami mempunyai modal pribadi sebesar Rp.300.000.000,00 dan melakukan pinjaman ke Bank sebesar Rp.900.000.000,00.
2. BIAYA PEMBANGUNAN KANTOR
Ringkasan biaya kantor adalah sebagai berikut :
- Biaya pembangunan gedung : Rp600.000.000
- Biaya Interior gedung : Rp200.000.000
- Biaya Pembelian alat perusahaan : Rp15.000.000
- Biaya Pemasaran Pertama : Rp50.000.000
3. BIAYA TETAP
Ringkasan biaya tetap setiap bulannya adalah sebagai berikut:
4. BIAYA TIDAK TETAP
Ringkasan biaya tidak tetap sesuai dengan kebutuhan adalah sebagai berikut :
XXIII. ESTIMASI BIAYA
XXIV. POYEKSI NERACA
XXV. STUDI KELAYAKAN DAN RISIKO
Analisis SWOT:
● Strength (Kekuatan)
○ Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif.
○ Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
○ Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan.
○ Adaptif terhadap perkembangan teknologi.
● Weakness (Kelemahan)
○ Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional maupun internasional.
○ Berubahnya kondisi perekonomian.
● Opportunity (Peluang)
○ Dengan tetap menjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
○ Saat ini dengan persaingan yang belum banyak di bidang usaha sejenis di Jakarta Selatan.
○ Banyak perusahaan-perusahaan/organisasi yang belum mengimplementasikan teknologi Big Data.
● Threat (Ancaman)
○ Munculnya perusahaan - perusahaan baru yang sejenis dengan penawaran yang lebih menarik.
○ Kurangnya informasi akan ekosistem big data.
Komentar
Posting Komentar